Posted by: urise | October 22, 2008

STRATEGI POLITIK DALAM UPAYA PENANGGULANGAN KEMISKINAN

Seperti kita ketahui bahwa Pemerintah Republik Indonesia telah menetapkan rencana jangka panjang (tahun 2004–2015) untuk mengatasi kemiskinan. Untuk itu perlu strategi politik agar rencana tersebut dapat berjalan dengan lancar. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah menambah pendapatan masyarakat miskin dengan cara meningkatkan produktivitas dan kemampuannya serta membantu mereka memperoleh peluang dan perlindungan sosial yang lebih baik agar dapat mencapai status sosial, ekonomi, dan politik yang lebih baik atau dapat pula dilakukan dengan mengurangi pembiayaan kebutuhan-kebutuhan dasar masyarakat miskin seperti pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur agar dapat menunjang kegiatan-kegiatan sosial dan ekonomi.
Sebenarnya pemerintah Indonesia telah berupaya memadukan berbagai faktor penyebab kemiskinan dan menyusun strategi penanggulangan kemiskinan yang dituangkan dalam bentuk dokumen Strategi Nasional Penanggulangan Kemiskinan (SNPK) yang intinya berisi menciptakan peluang kerja, memberdayakan masyarakat ,mengembangkan kemampuan,
dan menciptakan perlindungan sosial .
Namun ada salah satu strategi politik yang menurut saya penting dilakukan pemerintah untuk mengurangi kemiskinan yaitu membangun infrastruktur jaringan internet. Strategi ini nantinya dapat dijangkau oleh seluruh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan khususnya pelayanan publik. Strategi ini berbasis teknologi informasi dan komunikasi atau TIK. Ada beberapa strategi politik untuk mengurangi kemiskinan dengan pemanfaatan TIK. Yang diantaranya adalah :
Meningkatkan partisipasi dan kesadaran masyarakat akan manfaat TIK
Saat ini, apresiasi masyarakat umum akan potensi TIK sebagai alat bantu untuk mengurangi kemiskinan masih sangat rendah. Kesadaran akan potensi TIK untuk penanggulangan kemiskinan harus ditingkatkan dengan melibatkan semua pihak yang. Dengan peningkatan kesadaran ini maka kaum miskin dapat segera sadar akan manfaat/keuntungan yang dapat diperoleh dari penggunaan TIK. Peningkatan kesadaran ini dapat dilakukan melalui penyelenggaraan aktivitas seperti seminar, kampanye melalui media massa, dan lain-lain. Mengadakan kegiatan partisipatif yang dapat memastikan agar TIK berdampak optimal dalam pembangunan komunitas tertentu Pihak-pihak yang bersangkutan dan kelompok-kelompok masyarakat secara bersama dapat menentukan bagaimana teknologi dapat digunakan untuk mengembangkan cara-cara baru bagi pencapaian tujuan-tujuan kelompok atau masyarakat khususnya rakyat miskin.
Menyediakan akses informasi bersama dalam bentuk komputer dan internet serta bentuk-bentuk TIK lainnya di suatu tempat yang dapat diberi nama Community Access Point yang merupakan cara paling realistis untuk menjangkau kalangan masyarakat miskin. Manfaat ini secara ekonomis dapat dirasakan melalui peningkatan penghasilan atau mengurangi pengeluaran. Mengembangkan SDM rakyat miskin. Selama ini rendahnya inisiatif masyarakat dalam menanggulangi kemiskinan dengan cara mereka sendiri adalah salah satu faktor penghambat pembangunan. Dengan TIK dapat mempercepat proses pengembangan SDM masyarakat khususnya masyarakat miskin baik melalui proses pembelajaran formal maupun pelatihan. Dalam proses pembelajaran, teknologi informasi dapat berperan dalam proses pembelajaran jarak jauh. Proses pembelajaran jarak jauh juga dapat dimanfaatkan untuk proses pelatihan bagi berbagai kelompok masyarakat, misalnya usaha kecil dan menengah.
Membangun pemimpin teladan. Masyarakat pedesaan umumnya adalah masyarakat tradisional yang menempatkan tokoh pimpinan, baik formal maupun informal, sebagai panutan. Menyadarkan pemimpin masyarakat akan manfaat TIK adalah yang salah satu langkah awal yang perlu dilakukan. Dengan demikian manfaat TIK dapat cepat disebarluaskan kepada masyarakat banyak melalui para pemuka masyarakat tersebut.
Strategi yang juga penting adalah penggalangan kemitraan yang dimaksudkan terutama untuk mendukung pengembangan kemampuan masyarakat.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: