Posted by: urise | September 28, 2011

Pecinta K-Pop, Anti Musik Indonesia?

Semakin berkembangnya dunia musik di dunia, membuat banyak orang memiliki beragam pilihan untuk memilih genre musik apa yang mereka sukai. Sekarang, orang tidak terpaku pada genre musik pop, rock, atau jazz saja. Sudah banyak aliran musik yang berkembang. Bahkan perkembangan musik yang pesat dengan dukungan teknologi semakin memungkinkan setiap orang di manapun berada untuk mengenal perkembangan musik di negara lain. Termasuk, penggemar musik Indonesia yang bisa dengan cepat mengetahui perkembangan musik di luar negeri.

Korea Selatan, datang dengan mengusung musik yang mereka sebut dengan K-Pop. K-Pop sendiri disinyalir mulai melakukan migrasi mereka ke Jepang pada sekitar tahun 1992, di mana grup bernama Seo Taiji and Boys, berhasil mengenalkan berbagai jenis dan gaya dari luar negeri. Sejak saat itu, musik dan tari menjadi bagian penting dalam K-Pop. Irama K-Pop semakin berkembang, ada yang bergerak pada jenis R&B, hip hop, dan electronica. Bahkan juga ada irama trot, yang merupakan irama asli Korea dengan campuran musik triple atau quintuple dengan tempo cepat yang lebih populer pada generasi yang lebih tua.

China, tidak luput dari ‘invasi’ negeri ginseng ini, ada boyband H.O.T yang bahkan sebelum kehadiran drama Korea/ K-Drama di awal tahun 2000-an sudah terkenal. Clone juga sempat membuat heboh di Taiwan dengan enjual 450.000 kopi album mereka. Bagaimana dengan Jepang? salah satu Hallyu Stars (bintang hiburan asal Korea Selatan) yang mendapatkan sukses besar di sana adalah BoA. Penyanyi wanita di bawah naungan raksasa hiburan Korea, SM Entertainment yang berhasil membuat albumnya terjual jutaan kopi di Jepang dan memenangkan posisi pertama di Oricon chart.

Indonesia pun tidak luput dari ‘serangan’ Korean Wave tersebut, setelah K-Drama banyak ditayangkan di negeri ini, di mana salah satunya yang terkenal adalah Full House yang dibintangi oleh mega bintang Korea, Rain. K-Pop mulai menyebarkan demam mereka di penggemar musik tanah air. Dalam waktu singkat, nama-nama boyband/girlband Korea tidak asing lagi. Seperti Super Junior, TVXQ, SHINee, SNSD, Wonder Girls, Big Bang, 2PM, sudah memiliki penggemar fanatik mereka di Indonesia. Yang jumlahnya setiap tahun semakin berkembang dan semakin tidak malu-malu lagi menunjukkan sisi fanatik mereka.

Para penggemar K-Pop di Indonesia mulai tampak, dan lebih banyak dikuasai oleh anak muda, ini tidak terlepas dari cara perkembangan K-Pop yang begitu bisa memanfaatkan teknologi seperti internet. Selain itu, daya tarik terbesar dari K-Pop adalah lagu-lagu mereka yang bagus, penari yang tampan/cantik dan efek panggung yang luar biasa. Tempo musik mereka yang dengan cepat bisa membaur dengan musik Asia. Sehingga Indonesia tidak cukup sulit menerima irama K-Pop.

Kemajuan K-Pop ini tidak terlepas dari pro kontra. Ada beberapa yang menuding pecinta musik K-Pop ini adalah anti musik Indonesia, ini dikarenakan mereka yang begitu fanatik mendukung idola mereka. Tingkat fanatik yang sangat solid, sehingga ketika ada satu saja pihak yang menuduh/mencoba meniru gaya/MV idola mereka, dalam waktu singkat langsung dihujani gujatan yang terkadang sangat merugikan pihak yang menjadi korban.

Kita masih mengingat kasus boyband SMASH yang dituduh telah meniru gaya Super Junior, atau boyband NSGstar yang sempat bersitegang dengan ELF (fans Super Junior) karena tuduhan plagiat atas lagu Superman milik Super Junior. Atau yang terbaru adalah kasus band pendatang baru Joker, yang meniru MV milik band FT. Island yang berjudul Love Love Love.

Fenomena penggemar K-Pop yang sangat fanatik itu terkadang memicu tuduhan bahwa mereka adalah anti musik Indonesia. Ini karena, ada beberapa diantara mereka yang lebih ‘mendewakan’ musik Korea daripada mendukung musik Indonesia. Apa yang menyebabkan mereka sangat menggilai musik dari negeri Korea tersebut? bahkan rela menghabiskan uang untuk membeli CD atau pernak-pernik idola. Contohnya seperti ketika boyband Super Junior konser Juni lalu, tiket sebesar Rp1 juta-an tidak masalah bagi mereka.

Jika dilihat secara usia, background pecinta K-Pop yang sebagian besar adalah anak muda berusia di bawah 25 tahun yang masih memiliki semangat luar biasa dalam mendukung dan cenderung menganggap diri mereka benar. Di sisi lain, mungkin ini adalah salah satu ungkapan rasa ketidak puasan mereka pada musik Indonesia, yang mungkin dianggap membosankan, sehingga ini mungkin bisa menjadi koreksi bagi pelaku musik Indonesia. Di mana mereka bisa mencari tahu apa yang bisa membuat K-Pop dengan mudah dan cepat mendapatkan perhatian di Indonesia.

Mencintai musik dari negeri lain bukanlah hal yang dilarang, namun kita harus membela kemajuan musik Indonesia. Perlu dukungan dan pembenahan bagi semua lini. Pecinta K-Pop, tidak perlu menuduh dengan membabi buta jika ada salah satu musisi Indonesia yang mengikuti gaya K-Pop, hanya perlu mengingatkan secara halus dan tetap mendukung. Musisi Indonesia juga begitu, tunjukkan kalau musik negeri ini masih lebih berkualitas dengan menampilkan karya yang bermutu dan patut dibanggakan. Majulah musik Indonesia!

Pesan TS : Untuk saat ini musik Indonesia belum bisa dikatakan keluar dari zona  plagiarisme (semakin banyaknya musisi kacangan dan amatiran yang hanya modal tampang tanpa suara dan lagu yang bagus)…saya akan mendukung musik Indonesia jika mereka dapat memberikan warna yang berbeda dan original seperti yang dilakukan oleh K-pop sehingga bisa sampai terkenal di seluruh dunia so untuk sekarang masih K-POP FIGHTING, SNSD FIGHTING !!!

Sumber : http://microsite.kapanlagi.com/k-pop/ragam/pecinta-k-pop-anti-musik-indonesia.html


Responses

  1. Indonesia dooongg…. gw hidup di indonesia, pake bahasa indonesia, nyari duit di indonesia, dengerin lagu ngertinya indonesia, pokokna mah…sukses aja buat musisi indonesia, semangat!!!!!

    Sebagian qt tidak mengenal potensi bangsa qt sendiri, memang rumput tetangga lebih hijau ya????

    qt liat AGNES MONICA, menang di ASIAN SONG FESTIVAL yang diadain di KOREA SELATAN menyabet 3 medali bahkan, salah satunya BESTASIAN ARTIST, itu menunjukkan bahwa anak negeri ini diakui di dunia Internasional, jadi STOP produk Import cui….., budayakan cinta produk lokal dan mengenali bangsa dan negaramu yang luar biasa ini INDONESIA.

    INDONESIA SEMANGAT!!!!!

  2. Ih…. iya sih… KPOP menjamur, tapi… aku tetep cinta INDONESIA kok…. INDONESIA HWAITING (lhoooo…. heheheh sorry bahasa campur)

  3. Saya juga sangat suka dengan musik Indonesia tapi bukan yg plagiat yang niru…kalo Agnes ato Anggun memang suka sama mereka soalnya original …yang tidak disuka yang sok2 niru itu loh *tahu lah yang siapa aja…kalo saya emang sudah suka musik korea jauh sebelum K-pop datang ke Indo….sekitar tahun 2006 saya sudah suka musik Korea dan tentunya Indonesia dong…Hidup Indonesia dan Korea…enyah loe yg suka plagiat…

  4. numpang promo yaaahh ^^
    suka musik / drama korea?
    skg hadir situs tv online korea lho
    murah, up2date n kualitas gambar ok bgt!!
    yukk kunjungi n daftar skg juga ke http://www.mytimon.com
    thengqiu ^^

  5. Memperkenalkan lagu korea bermutu (bukan boyband/girlband).
    1. FRIDAY BLUES – CLAZZIQUAI
    2. GOOD LOVE – DYNAMIC DUO
    3. TRUE LOVE – BROWN EYES
    4. BEAUTIFUL DAY – MAD SOUL CHILD
    5. ALWAYS BE MINE
    – URBAN ZAKAPA 6. BREAK AWAY – BIGMAMA
    7. THINK ABOUT’CHU – ASOTO UNION
    8. A SONG 4 U – SEUNG HOON
    9. I GIVE U ALL – SUN JI YONG
    10. ANYTHING – B.E.S
    11. MY ANGEL – FTTS
    12. INSIDE – SOULMAN


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: